Materi kuliah ihcthyology PribadiKu...

MAMALIA  AIR

Water Mammal yaitu mamalia  yang hidup di laut maupun di air tawar. Contoh hewan ini adalah Sea Lions, The Walrus, Sperm Whale, Beluga Whale, Blue Whale, Manatees, Narwhal, The Platypus, Dolphins, Dugong, Elephant Seal, Northern Fur Seal, Gray seal, Leopard Seal,Sea Otters

Ciri-ciri mamalia
a.     Mempunyai kelenjar susu yang terletak disisi bawah tubuh (di ketiak). Betina dapat mengeluarkan susu setelah melahirkan. Kelenjar ini seperti kelenjar keringat, jadi diatur oleh hormon. Air susu marine mammal mengandung 40-50% lemak untuk mensupport pertumbuhan bayi-nya agar memiliki lapisan lemak yang cukup.
b.     Melahirkan (viviparous), menyusui.
c.     Bulu, sedikitnya ada dalam satu siklus hidup. Bulu ikan paus hanya beberapa helai di sekitar tenggorokan dan hilang setelah dewasa. Bulu tumbuh dari kantong bulu di dalam kulit yang dilengkapi dengan kelenjar palit yang mengeluarkan minyak sehingga nampak mengkilat. Bulu berperan sebagai termoregulasi (pengatur suhu / memper -tahankan suhu tubuh pada tingkat tertentu).
d.     Jantung terdiri dari 4 bilik
e.     Eritrocit tanpa inti dan bi concaf
f.      Otak relatif besar
g.     Pada rongga dada terdapat iga dan diaphragma.
h.     Marine mammal bernafas dari udara sedangkan hewan laut bernafas dari udara yang terlarut di air.
i.      Suhu tubuh relatif lebih tinggi dari suhu lingkungannya, karena dibantu oleh lapisan lemak dan bulu di tubuhnya.
j.      Mempunyai kemampuan melawan arus (countercurrent exchange) seperti gerakan hauling (menggulung) untuk mengurangi penurunan panas tubuh.

Marine Mammal/ Mamalia laut
Adalah mamalia  yang hidup di laut atau mencari makannya di laut. Merupakan evolusi dari nenek moyang nya yang hidup di daratan kemudian beradaptasi hidup di air. Umumnya besar-besar (charismatic megafauna), bentuk tubuhnya hydrodynamis, ekstremitas nya termodifikasi untuk bergerak di air dan mengalami adaptasi untuk berbagai suhu (termoregulasi). Beberapa species dapat beradaptasi untuk berbagai tingkat suhu karena memiliki lapisan lemak yang tebal (tick layer blubber) untuk mencegah hilangnya panas tubuh.
Hewan laut yang beradaptasi penuh hidup di air adalah ordo Cetacea dan Sirenia yang seluruh siklus hidupnya di dalam air. Sedangkan ordo lainnya memanfaatkan sebagian waktunya di daratan. Beruang kutub sebagian besar hidupnya dimanfaatkan di laut meskipun lautnya beku. sangat pandai berenang di laut terbuka, dalam satu hari dapat mencapai 74 km, sehingga beruang kutub oleh ilmuwan digolongkan dalam marine mammal.
Beberapa jenis mamalia ini menuju kepunahan, bahkan banyak yang saat ini sudah punah. karena dulunya di eksploitasi  untuk diambil lemak, daging, taring dan bulunya. Sehingga saat ini banyak dilindungi. Mamalia air teradaptasi untuk berenang memanfaatkan sirip-nya  untuk bergerak. Ikan juga berenang menggunakan sirip-2nya. Ikan umumnya mempunyai sirip caudal yang tegak sedangkan marine mamalia mempunyai sirip caudal yang horisontal.
Kelompok marine mamalia 
Diperkirakan terdapat 120 species yang dikelompokkan menjadi 3 ordo.
1.     Sirenia / sirenians : Famili Trichechidae : manatee (3 species)
                                      Famili Dugongidae / dugong (1 species)

2.     Cetacea (, dolphins dan Lumba-lumba / porpoises)
Sub ordo Mysticeti :  Baleen whales/  Paus ( 14 atau 15 species)
       Sub ordo Odontoceti : Toothed whales (± 73 species)

3.     Carnivora
Super famili : Pinnipedia (berasal dari nenek moyang ber gigi taring)
                       Famili Phocidae : true seals / anjing laut (± 20 species)
                 Famili Otariidae : eared seals (± 16 species)
                       Famili Odobenidae : walrus  (1 species)

Famili Mustelidae : sea otter (Enhydra lutris)
                                          Marine otter (Lontra felina)
.

Komentar

Postingan Populer