Tips memilih kosan by rozanafitriani

you know? this is my first post , tiba-tiba aja kepikiran buat gw mengurek urek new blog gw ini biar isinya ga sepi.
Nah, tiba- tiba aja kepikiran tentang pengalaman gw selama ini, yaitu gw adalah seorang mahasiswi yang selalu pindah-pindah kosan.
seperti kata-kata mutiara yang sering gw denger ” the experience is the best teacher” . dari kata-kata itu gw dapat mengambil kesimpulan ga semua hal didalam kehidupan kita didapat dari pelajaran di sekolah ataupun mata kuliah yang kita ambil. Semua pelajaran bisa berasal dari pengalaman kita akan sesuatu guys :)
seperti gw yang suka ga puas akan sesuatu yang gw punya (kosan). gw dapat mengambil kesimpulan ga semua hal yang kita inginkan bakalan baik untuk kita. contohnya gw, sebelum gw pindah kosan gw selalu membuat analisa SWOT terlebih dahulu.. (hihihi lucu ya pake analisa segala). meskipun pada akhirnya analisa SWOT gw ga berhasil karena gw tetep ingin pindah juga dikosan gw yang katanya sih dulu kosan terakhir gw. makanya, temen gw ada yang bilang “ah elo mah ja, analisa SWOT lo ga mempan” ..hihihi
langsung aja, tips memilih kosan supaya betah disana dan ga pindah-pindah lagi kayak gw adalah:
1. cari kamar kosan sesuai selera
kalau lo kepengen kamar yang ada kamar mandi dalam kamar ya lo cari yang ada kamar mandinya. kalau ga , akan ada aja alasan buat lo ga puas dan pindah dari kosan tersebut. selera disini bisa berarti juga harga. kita dapat memilih kosan sesuai budget orang tua kita. yang mau hemat ya pilih kosan yang dengan harga terjangkau aja, lagian namanya anak kuliah tuh kamar paling cuma buat tidur

kalau gw pribadi sih,gw lebih milih kamar yang kamar mandinya di dalam kamar, jadi bisa mandi buru-buru kalau ada kuliah pagi. kalau nyuci juga bisa lebih gampang. jadi, dengan kata lain kita bisa menghemat biaya laundry kan?? hehehe


2. cari temen seFakultas
ini dia nih yang termasuk faktor penting kedua, temen se fakultas, karena menurut gw temen itu memegang peranan penting dalam menentukan apakah lo betah di kosan itu atau tidak. tapi kenapa harus temen se fakultas?? karena waktu yang lo habiskan bersama dia justru lebih banyak sehingga temen se fakultas itu biasanya tau sifat kita. alasan kedua kenapa harus temen sefakultas karena semua jadwal kita sama dia sama, sehingga kita bisa ngerjain tugas bareng kalau lagi sibuk. atau hang-out bareng kalau kita lagi santai. lain halnya, jika teman beda fakultas, bisa-bisa dia ngajak jalan waktu kita lagi banyak tugas.. iyaa kan?? hehe
3. cari kosan dengan lokasi dekat dengan kampus
menurut gue, namanya mahasiswa or mahasiswi semua nya sama. susah buat bangun pagi dan paling suka nunda waktu buat ke kampus. kalau kosan lo deket dari kampus, kan jadi enak. seenggaknya lo ga mesti telat masuk kelas dan akhirnya disuruh keluar sama dosen (bagi dosen yang killer yaa). datang on time ke kampus tuh enak tau. lo bakalan bisa konsentrasi dalam perkuliahan nantinya. dibanding yang telat dan akhirnya pikirannya pecah kemana-mana .
4. lokasi sekitar kosan aman
oiya, ada hal terpenting yang terlupa, sebagus apa kosan lo, semurah apa kosan lo ga akan berarti kalau ia tidak aman. biasanya sih, yang jadi maling orang sekitar kosan itu juga. makanya, sebelum memilih kosan, ada baiknya ditanya dulu ke pemilik kosan nya. apakah pemiliknya kenal dengan preman daerah sana atau pemiliknya kenal polisi daerah sana. agar kita bisa meminimalkan efek kejahatan dari preman sekitar sana.
5. dekat dengan warung nasi dan toko
sebagian  besar anak kosan , eh salah. semua kali yaa :) jarang ada yang masak sendiri. biasanya mereka cenderung beli lauk mateng atau beli nasi bungkus sekalian. bagusnya cari kosan yang dekat dengan warung nasi biar kalau malam saat lo lagi laper lo bisa beli nasi disana tanpa harus jalan jauh kemana dulu. itu sih menurut pengalaman gw, gw pernah pindah kosan karena dekat kosan gw ga ada warung nasi buka malam hari. lah, kalau pulang kuliah malem, mau makan apa kita??hihi
6. dekat dengan tukang fotokopi dan warnet
namanya anak kuliah paling rajin sama namanya fotokopi. biasanya tukang fotokopi ramai pengunjung apalagi kalau mau ujian.. hehehe (ketauan deh sistem sks nya anak kuliah). enak kan kalau kosan kita dekat dengan tukang fotokopi. kita bisa memfotokopi kapan saja. malam bisa, pagi sebelum berangkat kuliah pun bisa. asal, tukang fotokopiannya selalu buka pas kita mau memfotokopi
dari sekian banyak tips gw diatas, sebenarnya tergantung masing-masing pribadi mau pilih kosan kayak gimana. ga semua kosan yang kita cari memiliki kriteria diatas. tapi semakin banyak poin diatas terpenuhi, menurut gw semakin perfect kosan itu biar kita betah dan ga pindah-pindah :D
selamat mencari kosan yang pas ya.

Komentar

Postingan Populer